Perbedaan Antara VPS vs Dedicated Server Hosting

Perbedaan Antara VPS vs Dedicated Server Hosting

Seperti yang diketahui bahwa memilih host web tidaklah begitu sulit. Asalkan, Anda memahami kebutuhan website serta kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe hosting. Tanpa adanya hosting maka website tidak akan bisa bekerja. Pasalnya hosting adalah ruang atau tempat yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan ditampilkan pada situs Anda.

Perbedaan VPS dengan Dedicated Server

Ada cukup banyak tipe hosting yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tipe yang paling sering dipilih adalah dedicated hosting dan virtual private server atau VPS. Sebagai pemula mungkin Anda masih bingung terkait dengan perbedaan antara VPS dengan dedicated server. Untuk memahami perbedaan masing-masing tipe hosting, di bawah ini akan diulas perbedaan antara dedicated server dan VPS untuk memudahkan Anda memilih layanan sesuai dengan keperluan.

  1. Pemahaman antara VPS dengan dedicated server

Virtual Private Server merupakan sebuah teknologi perangkat lunak canggih yang pada dasarnya melakukan pembagian sumber daya pada beberapa server atau virtual mesin. Masing-masing VPS bekerja layaknya sebuah jaringan server. VPS ini sudah dilengkapi dengan menu setting sendiri terkait dengan user, script, filesystem, pemrosesan dan lain sebagainya. Sedangkan dedicated server merupakan server yang secara keseluruhan diperuntukkan untuk pemakaian pribadi. Dimana artinya adalah Anda berhak atas sumber daya mesin yang dipakai dan melakukan konfigurasi sesuai dengan keinginan. Meskipun demikian, status Anda tetap menjadi seorang penyewa bukan pemilik.

  1. Resource

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari resource yang ditawarkan. VPS umumnya dipakai pada situs atau website yang membutuhkan resource medium atau diatas shared hosting. Jadi apabila Anda mempunyai situs yang membutuhkan recource lumayan tinggi tapi budget minim, maka VPS bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sedangkan dedicated hosting adalah host yang memperbolehkan Anda mengakses semua resource yang ada pada mesin.  Semua sumber daya server bisa Anda gunakan secara bebas dan leluasa. Layaknya rumah pribadi, Anda tidak akan terhambat karena pengguna server lainnya. Sebab hanya Anda lah yang akan menggunakan satu dedicated server. Hosting dedicated server sangat bagus dipakai untuk website dengan traffic tinggi serta memerlukan resource yang tinggi.

  1. Performa

Tiap-tiap hosting pastinya menawarkan performa yang berbeda-beda. Misalnya saja VPS yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menentukan platform dan sistem operasi yang akan dipakai. Performanya juga cukup baik karena berada di atas shared hosting. Tak hanya itu,VPS juga mampu menampung guest OS dalam jumlah yang banyak. Sebab infrastrukturnya terdiri dari sebuah server fisik lalu di-share atau dibagikan menggunakan software virtualisasi. Sedangkan performa dedicated server sudah tidak perlu diragukan lagi. Menggunakan dedicated server maka Anda memperoleh kendali penuh terhadap webserver meskipun sebenarnya Anda tidak mempunyai server sendiri.

Perbedaan Antara VPS vs Dedicated Server Hosting

  1. Harga

VPS ditawarkan dengan harga yang lebih mahal daripada shared hosting. Tapi lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated server. Sedangkan dedicated server sendiri ditawarkan dengan harga yang paling mahal. Meskipun demikian, harganya tersebut sesuai dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Tak hanya itu, spesifikasi server juga cukup mempengaruhi harga sewa hosting. Karena semakin bagus dan berkualitas spesifikasi server yang dipakai, maka semakin mahal pula harganya.Tentu saja, Anda harus memilih hosting sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

Sekian ulasan terkait dengan perbedaan antara VPS dengan dedicated server indonesia. Dengan adanya informasi di atas, semoga Anda semakin mudah dalam memilih hosting seperti apa yang paling dibutuhkan.