Shared Hosting vs Cloud Hosting

Shared Hosting vs Cloud Hosting

Meski memang shared hosting vs cloud hosting memiliki perbedaan yang drastis jauhnya, namun keduanya merupakan paket layanan hosting yang popular. Keduanya menjadi pilihan bagi banyak pemilik website dari personal hingga bisnis dari semua ukuran. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya, terletak di antara apakah file disimpan di jaringan beberapa server atau dalam satu mesin tunggal.

Cloud hosting, merupakan pilihan hosting premium yang meningkatkan kinerja, keandalan dan skalabilitas, memelukan penghubung dan virtualisasi beberapa server untuk berbagai sumber storage dan CPU. Komponen hardware dioptimalkan untuk menangani task tertentu, dan server yang lain siap mengisi jika server utama mengalami masalah. Klien dapat dengan mudah untuk menambah resource untuk memenuhi permintaan lalu lintas, dan memastikan produk ini relevan dengan bisnis yang berkembang.

Shared hosting, merupakan paket hosting yang paling umum yang banyak ditawarkan oleh penyedia web hosting. Paket ini menjadi pilihan favorit baik dari individu maupun perusahaan. Di data center penyedia hosting dapat menghosting ratusan bahkan hingga ribuan situs web. Dalam satu server dibagi untuk banyak pelanggan, yang berarti pelanggan berbagi resource seperti storage dan CPU. Sebagai paket hosting yang paling murah dan paling mudah diakses, shared hosting sering ditawarkan dengan fitur tambahan seperti instalasi one-click untuk memasang software, dan juga fitur website builder.

Skalabilitas, menjadi keunggulan utama cloud. Dengan beberpa server yang standby, kebutuhan resource server dapat dengan mudah disesuaikan. Kebanyakan penyedia cloud hosting menawarkan portal manajemen untuk mengelola penggunaan server dan menyesuaikannya menaikan atau menurunkan sesuai dengan kebutuhan.

Biaya, cloud hosting tentunya memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting.

Apapun paket hosting yang kamu pilih shared hosting vs cloud hosting, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal.

  • Garansi uptime. Penyedia hosting sering kali menyebutkan waktu uptime dari servernya. Cari web host yang menjanjikan waktu uptime di atas 99.5%.
  • Technical support 24/7. Pastikan penyedia hosting memiliki tim technical support yang siap membantu jika ada masalah kapan saja selama 24 jam. Kamu bisa mengetes technical support dengan mengirim ticket, email, chatting atau menelponnya.
  • Instalasi sofware: Server yang bagus menyediakan ratusan software one-click, untuk membantu memasang software yang dibutuhkan seperti CMS, forum, webmail, dan lain sebagainya.

 

Bagi kamu yang ingin membangun website, tentunya membutuhkan hosting dan juga nama domain. Jakartewebhosting.com menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.