Membuat Website Yang Menarik Dan Unik

Membuat website yang menarik adalah tuntutan utama dari si pemilik website tersebut. Kriteria menarik ini bisa dilihat dari segi konten dan tampilan. Dengan cepatnya perubahan waktu, yang pada awalnya sering kali kita melihat website yang memiliki tampilan yang sama kini telah berubah menjadi berbeda-beda dan sangat menarik.

Karena pada era dgitalisasi seperti sekarang ini, website tidak lagi digunakan untuk sebagai representasi dari diri kita. Namun, kebanyakan pengguna website digunakan untuk berbisnis, jadi jangan heran kalau kebanyakan website didominasi oleh para pengusaha atau pebisnis.

Sebagai pemilik website kita harus menawarkan sesuatu yang berbeda kepada para pengguna lainnya. Sehingga pengguna yang telah mengunjungi website kita akan tertarik untuk kembali mengunjungi website kita lagi.

Yang menjadi kenadla untuk membuat tampilan website yang dapat menyihir pengunjungnya ialah ketidak mampuan sang pemilik website dalam membuat website. Untungnya saat ini banyak pihak web desainer yang dapat digunakan untuk disewa jasanya dalam membuat sebuah website.

Apabila kalian merasa mempunyai kemampuan dalam membuat website, entah itu menggunakan CMS ataupun full coding. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberkan tips untuk membuat website kalian menjadi menarik dan unik.

1. Website dengan desain yang responsif

Perkembangan Teknologi yang terjadi membuat segala informasi bisa didapatkan secara cepat dan dimana saja. Hanya dengan menggunakan Smartphone yang biasa kita bawa kemana saja. Pengguna Smartphone yang banyak ini juga memaksa Google untuk membuat algoritma baru khusus untuk mobile. Semua Website yang sudah terindeks di haruskan mengganti tampilan Website mereka menjadi Responsive. Sehinggga dengan begitu Website dapat dibuka dimana saja. Dengan membuat Website kita menjadi Website yang Responsive maka pengguna lain dapat tertarik untuk membuka Website dengan berbagai macam gadget yang mereka miliki.

2. Menggunakan Typography yang menarik dan unik

Lupakan font huruf jenis Verdana dan Arial, kecuali untuk penulisan artikel. Karena font-font tersebut sudah ketinggalan jaman atau usang. Pengunjung website akan tertarik dengan sebuah website apabila website tersebut memiliki bentuk tulisan yang unik namun tetap terbaca dengan mudah. Mungkin teknik Typography ini akan cocok digunakan pada landing page website kalian.

3. Gunakan Fixed Menu dan Content

Website yang menggunakan Fixed Menu (menu dengan posisi yang tetap meskipun di-scroll) rasanya sudah menjadi trend desain website pada zaman ini. Fungsi ini digunakan pada menu atau tombol, biasanya navigasi utama tetap berada pada posisinya ketika Anda menggulir halaman (scroll page). Hal ini meningkatkan kegunaan (usability) dari item navigasi atau tombol sosial media yang selalu tersedia di mana pun Anda berada pada halaman tertentu.

4. Hindari Desain yang Kompleks

Saat ini bukan lagi zamannya penggunakan desain yang kompleks. Karena saat ini pengunjung website lebih memilih website yang memiliki desain yang sederhana dengan background full page yang tidak terlalu mengganggu mata.

Belakangan ini ada muncul sebuah istilah yang disebut dengan Skeumorphism. Skeumorph adalah metode yang digunakan untuk membuat gambar terlihat persis seperti benda nyata atau terlihat seperti 3 dimensi.

Itulah beberapa cara membuat website agar lebih menarik untuk mendapatkan perhatian pembaca yang sebelumnya telah datang ke website kita. Hal yang paling penting adalah agar menjaga pengunjung tidak cepat-cepat meninggalkan website kalian. Hal seperti ini tentu akan bisa mengurangi bounce rate pada website.