Kenapa kita masih membutuhkan nama domain, meskipun sudah memiliki web hosting

Kenapa kita masih membutuhkan nama domain, meskipun sudah memiliki web hosting

Sebuah website akan berjalan optimal jika mempunyai 2 komponen, yaitu web hosting dan nama domain. Web hosting layaknya sebuah rumah yang berisi dekorasi dan interior, sedangkan domain adalah nama alamat untuk menuju ke rumah tersebut. Menentukan domain sekalipun tidak sekedar memilih, berikut ini adalah tips mudah dalam menentukan nama domain.

Tips Menentukan Nama Domain untuk Sebuah Website
1. Menentukan nama sebuah website
Nama website yang bagus adalah singkat namun mudah diingat. Jadi setiap kali orang yang ingin mengunjungi website Anda lebih mudah, tidak perlu mencari kesana kemari. Entah itu memiliki harga yang mahal sekalipun tidak masalah, yang terpenting reputasi dari si penjual domain sudah baik.

Hindari untuk membeli domain dengan nama yang rumit dan panjang. Semakin singkat nama website yang Anda pilih semakin mudah pula orang mengingatnya. Usahakan agar menggunakan 7 huruf untuk pemberian nama domain, bahkan lebih sedikit malah lebih baik.

2. Tidak perlu pemberian simbol pada domain
Adanya sebuah simbol justru membuat domain Anda terlihat tidak enak dibaca. Sangat sedikit Anda menemui orang yang mengetikkan simbol pada mesin pencari ketika mengunjungi sebuah situs. Mereka lebih senang mencari dengan kata-kata yang singkat. Jadi tidak perlu Anda menambahi imbuhan tanda penghubung atau simbol pada nama domain.

3. Ingat keyword
Tentukan terlebih dahulu website Anda masuk dalam kategori seperti apa. Apakah wisata, fotografi, olahraga, atau portal berita. Mencantumkan keyword yang tepat mampu meningkatkan trafic pada website. Namun pemasangan keyword yang terlalu banyak juga tidak baik, apalagi sampai memaksakan.

4. Kombinasikan nama Anda dengan nama yang lain
Misalkan nama pribadi Anda adalah Aris, selain itu Anda memiliki usaha yang lain dalam bidang fotografi. Kedua hal ini bisa digabungkan untuk nama domain seperti arisphotography.com atau yang lainnya. Namun, Anda perlu berhati-hati juga ketika ingin mencantumkan merk terkenal seperti yahoo, google, amazon, atau merk terkenal lainnya. Sebaiknya hindari saja, selain terkesan kurang profesional. Hal semacam ini termasuk kegiatan melanggar hukum atau pengambilan hak cipta tanpa ijin resmi.

5. Pemilihan ekstensi
Domain terkenal yang menjadi pasar warga Indonesia adalah .co.id. Namun ruang lingkup ini hanya sebatas Negara Indonesia, tidak bisa merambah ke Negara lain. Masih banyak ekstensi domain yang bisa Anda pilih, seperti .com, .org, .net, dan sebagainya. Lebih baik Anda memilih nama domain yang sudah umum dipakai, seperti .com sudah dikenal oleh semua kalangan.

6. Menentukan kebutuhan webstie
Ini adalah langkah sebelum Anda memutuskan nama domain pada suatu website, yaitu untuk keperluan apa Anda memerlukan hosting. Apakah Anda sudah mengerti untuk apa website tersebut Anda buat? Apakah perlu adanya aplikasi windows? Software seperti apa yang sedang berjalan? Berapa traffic website per harinya? dan apakah website Anda perlu sebuah aplikasi tambahan? Apabila semua pertanyaan itu sudah mampu terjawab, barulah memikirkan nama domain yang tepat untuk website.

7. Mempunyai Addon domain
Berapa kira-kira harga untuk nama domain? Jangan khawatir, nama domain bisa dibilang murah yaitu berkisar antara Rp 100.000 untuk masa satu tahun. Sedangkan Anda yang mempunyai website lebih dari 5, usahakan untuk memilih paket hosting dengan adanya fitur tambahan seperti Addon domain setidaknya 10 domain.

Addon domain merupakan domain baru yang terdapat pada domain utama di sebuah website. Biasanya Addon domain terletak pada folder web server secara terpisah, jadi terletak pada sub-direktori.

8. Pengoperasian kontrol panel yang mudah
Kontrol panel merupakan sebuah alat yang mampu mengelola website dari akun hosting. Biasanya kontrol panel digunakan untuk mengelola instalasi website, menentukan email, hingga mengatasi maintance pada web. Anda perlu memastikan keberadaan kontrol panel ini, apakah sudah beroperasi secara optimal atau belum. Karena sebuah website tidak akan berjalan baik tanpa adanya kemampuan dari kontrol panel. Saat ini cpanel adalah jenis kontrol panel yang sering digunakan. Mungkin karena lebih sederhana dan memiliki fitur yang cukup lengkap.

9. Membuat nama domain sekreatif mungkin
Perlu diingat bahwa nama domain adalah identitas lain yang Anda miliki di dunia online. Itu sebabnya Anda harus membuat nama sekreatif mungkin dan usahakan agar brandable dari merk yang lainnya. Maksudnya adalah usahakan agar nama domain Anda bisa menarik perhatian orang lain dari para pesaing. Seperti mencantumkan kata baru, menambahkan kata-kata unik yang sudah ada, atau menggunakan generator. Mencari generator untuk nama domain juga mudah, Anda cari saja di internet dan tinggal memasukkan kata-kata yang sesuai dengan nama domain Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menentukan nama domain. Jadi tugas Anda belum selesai setelah mempunyai web hosting, yaitu memikirkan sebuah nama domain yang menarik, singkat, namun tetap mudah di ingat