Apa sih itu domain privacy dan kenapa dibutuhkan

Apa sih itu domain privacy.jpg

Menjaga informasi mengenai data diri di dunia internet sangat lah dibutuhkan, apalagi di zaman sekarang yang banyak sekali terjadinya penyalah gunaan jaringan internet sebagai media penipuan, pencurian, dan masih banyak kejahatan siber lainnya yang terjadi di dunia internet.

Salah satu kejahatan siber yang sering terjadi di dunia internet adalah pencurian data informasi diri yang kerap sering digunakan untuk melakukan penipuan dan pencurian melalui internet. Dengan ini, data informasi diri menjadi privasi yang sangat sensitif sekali di dunia internet. Dan hal ini juga sulit sekali dicegah, di mana hampir semua hal di internet membutuhkan data informasi diri ketika kita mendaftarkan akun pada sebuah website untuk melakukan hal tertentu.

Pada kali ini, saya akan menjelaskan perlindungan terhadap data informasi diri kalian sebagai pemilik website yang hendak atau sudah memiliki website dan nama domain.

Sebelum kalian memiliki website, pasti kalian harus memiliki nama domain supaya dapat diakses semua orang di mana pun dan kapan pun bukan? Pada saat membeli nama domain, kalian pasti harus mendaftarkan data informasi diri kalian sebagai pemilik nama domain yang ingin kalian beli.

Akan tetapi, data informasi diri kalian yang kalian berikan sebenarnya bisa dilihat orang lain seperti, nama pendaftar, alamat email, nomor telepon, dan bahkan alamat fisik wajib diikut sertakan pada saat kalian mendaftarkan nama domain.

Dari sini, kalian sebenarnya bisa melindungi data informasi diri kalian supaya tidak disalah gunakan oleh orang lain,, ada teknik untuk melindungi data informasi diri kalian dengan mudah, yaitu Domain Privacy

Apa sih itu Domain Privacy?
Ketika kalian membeli nama domain atau domain name untuk membuat website kalian, pastinya kalian wajib dan harus pake banget untuk menyerahkan informasi data informasi diri kalian untuk si perusahaan yang membantu kalian mendaftarkan nama domain. Dan dari sini, si perusahaan yang mendaftarkan nama domain yang kalian ajukan dengan menyertakan data informasi diri kalian akan diserahkan kepada ke direktori ICANN dan WHOIS.

WHOIS adalah sebuah website yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi sebuah nama domain tersedia atau tidak, dan bahkan bisa menyertakan data informasi diri tentang siapa pemilik atau siapa yang mendaftarkan nama domain yang kalian cari secara terang-terangan. Maka dari itu, hal ini adalah hal yang cukup serius bagi beberapa orang yang tidak ingin data informasi dirinya disalah gunakan.

Alasan Menggunakan Domain Privacy

Apabila kalian tidak suka atau tidak ingin menampilkan data informasi diri kalian terlihat pada nama domain yang kalian daftarkan, untuk tujuan tertentu pastinya. Kalian bisa menggunakan domain privacy. Dengan layanan tersebut data informasi diri kalian akan disembunyikan oleh pihak ICANN dan WHOIS.

Akan tetapi, layanan jasa domain privacy bukanlah layanan yang gratis untuk kalian gunakan, kalianĀ  perlu mengeluarkan biaya (tenang saja, biaya yang perlu dikeluarkan tergolong relatif terjangkau kok untuk diperpanjang pertahun sesuai dengan jangka waktu domain name).

Jadi, kesimpulan alasan menggunakan domain privacy untuk domain name kalian adalah;

1. Melindungi informasi pribadi pada domain name registration

Alasan yang paling utama sudah dipastikan adalah untuk merahasiakan atau tidak ingin orang lain tahu akan siapa yang meregistrasikan nama domain. Hal ini guna untuk merahasiakan data-data seperti nama, alamat email, alamat fisik, nomor telepon.

2. Mengurangi spam pada email maupun nomor telepon

Pada saat meregistrasikan nama domain tanpa domain privacy, sudah dipastikan alamat domain ataupun nomor telepon akan diketahui oleh orang lain yang entah sengaja atau tidak sengaja mengecek kepemilikan nama domain. Dari sini, sudah dipastikan akan mengurangi spam ke dalam email ataupun nomor telepon

3. Menghindari scammer

Scammer atau pembohong adalah hal yang lebih jahat lagi dari spammer. Internet scam adalah hal yang umum, semakin banya orang yang tahu tentang kamu

Cara Mendapatkan Domain Privacy
Kalian bisa mendapakan domain privacy di https://www.jakartawebhosting.com/domainname/ untuk mendapatkan nama domain yang aman dari para pencuri data pribadi kalian.