Proses Pendaftaran Nama Domain

Proses Pendaftaran Nama Domain

Nama domain merupakan gabungan domain yang terdiri dari satu kata atau kalimat dengan TLD (top level domain) yang kita kenal ekstensi seperti .com, .co.id, dan lainnya. Nama domain ini yang kita ketik ketika ingin mengunjungi suatu website di browser yang kita gunakan.

Untuk proses pendaftaraan nama domain terbilang sangat mudah dan prosesnya juga simpel kecuali untuk beberapa TLD yang mengharuskan menyertakan beberapa dokumen. Pada post kali ini saya akan coba menjelaskan proses pendaftaran nama domain.

Dimana Bisa Melakukan Pendaftaraan Nama Domain?

Nama domain dijual oleh domain registrar yang memiliki akses ke database DNS. Penyedia web hosting biasanya juga merupakan domain registrar yang menjual nama domain, biasanya malah membuat paket berlangganan hosting gratis nama domain.

Selain dari domain registrar standar, kita juga mungkin untuk membeli domain yang sudah berumur lam dari situs lelang domain. Membeli nama domain yang sudah berumur memiliki beberapa keuntunga, termasuk SEO yang lebih baik.

Selama pendaftaraan nama domain, ada beberapa pilihan yang mungkin membuat kamu bingung seperti ektensi dari nama domain.

Ekstensi Nama Domain

Selain memilih nama, hal pertama ketika memilih nama domain adalah memilih ekstensinya. Ada banyak ekstensi yang tersedia dan harganya berbeda-beda untuk setiap ekstensi ini. Kamu bisa memilihnya tergantung kebutuhan kamu.

Misalnya jika ingin lebih komersial bisa memilih .com, jika ingin terkesan lokal bisa memilih .co.id atau .id, jika membangun website sekolah bisa memilih .ac.id atau .edu, dan lainnya sebagainya.

Lama Kontrak Domain Name

Ketika mendaftar nama domain, kamu juga akan memilih periode kontrak untuk menyewa nama domain, biasanya periodenya adalah 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Kebanyakan pemilik bisnis profesional langsung menyewa nama domain untuk waktu yang paling lama. Nama domain bisa berakhir, dan jika tidak diperpanjang dapat disewa oleh pengguna lain.

Persyaratan Pendaftaraan Nama Domain

Untuk mendaftar ekstensi luar biasanya tidak ada persyaratan khusus, namun jika mendaftar ekstensi lokal Indonesia ada beberapa dokumen yang harus disertakan. Seperti misalnya KTP, SIUP, SK Pendirian Lembaga, Akta notaris dan sebagainya.

Untuk persyaratan dokumen ini bisa dilihat dimasing-masing domain registrar pada saat kamu melakukan pendaftaraan.

 

Bagi kamu yang ingin membangun website, tentunya membutuhkan hosting dan juga nama domain. Jakartewebhosting.com menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.