Perbedaan Web Hosting dan Nama Domain

Perbedaan Web Hosting dan Nama Domain

Banyak orang yang tertanya-tanya ada bedanya antara web hosting dan nama domain? Bagi pemula mungkin akan mengira nama domain dan web hosting merupakan dual hal yang sama.

Pada post kali ini saya akan coba membahas mengenai perbedaan web hosting dan nama domain.

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting gampangnya itu merupakan tempat yang kita sewa untuk menyimpan semua file dan konten website, agar website kita bisa diakses oleh siapa saja melalui jaringan yang disebut dengan internet. Tempat yang dimaksud disini sebenarnya adalah server, baik server fisik maupun virtual.

Setiap server web site ataupun perangkat komputer lainnya memiliki alamat yang unik untuk bisa mengaksesnya. Alamat ini merupakan deretan angka yang dikenal dengan alamat IP.

Ketika kita ingin mengunjungi suatu website, kita menggunakan aplikasi browser. Di browser ini kita ketik alamat website yang kita mau kunjungi, lalu alamat ini akan diterjemahkan menjadi alamat IP dari server web hosting yang kamu sewa. Komputer server ini berisi file website, kemudian akan mengirimkan file-file ini ke browser pengunjung, dan pengunjung dapat menikmati semua konten yang ada di website tersebut.

Perusahaan web hosting menawarkan tempat (server) untuk menyimpan file-file website dan memungkinkan pengunjung untuk mengakses website. Perusahaan ini menawarkan berbagai tipe paket hosting dengan biaya yang murah hingga mahal.

Apa Itu Nama Domain?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, semua perangkat komputer yang terhubung ke internet termasuk server web site memiliki alamat IP, dan kita perlu tahu alamat IP ini untuk mengakses suatu website.

Tentunya hal ini akan terasa sulit, karena kita harus mengetik alamat IP yang terdiri dari angka-angka yang sulit kita hapal dan kita tahu darimana alamat IP tersebut. Hal inilah yang mendasari dibuatnya nama domain.

Nama domain atau domain name merupakan nama dari website, yang harus diketik oleh pengunjung di browser yang mereka gunakan untuk mengunjungi suatu website. Misal kamu ingin update status Facebook melalui PC, maka kamu buka browser (Chrome, Microsoft Edge, Firefox dan sebagainya) lalu kamu ketik alamatnya facebook.com. Itulah yang namanya nama domain.

Kita tidak perlu lagi mencari tahu alamat IP-nya dan mengetiknya di browser, kita langsung mengetik nama domainnya saja. Dan sistem yang disebut Domain Name System (DNS) yang akan bekerja. Sistem inilah yang akan menterjemahkan nama domain menjadi alamat IP ke server website yang dimaksud.

Bagaimana Web Hosting dan Nama Domain Berhubungan?

Web hosting dan nama domain keduanya merupakan dua layanan yang berbeda. Namun, sebenarnya mereka satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan agar website yang kita buat berjalan dan diakses oleh siapa saja.

Web hosting ibarat bangunan atau rumah dan nama domain merupakan alamatnya. Kita tidak pernah bisa mengunjungi rumah kerabat kita tanpa kita tahu alamatnya, dan juga kita tidak mungkin main ke suatu alamat yang tidak ada bangunan atau rumahnya.

Dimana Bisa Mendapatkan Web Hosting dan Nama Domain?

Untuk mendapatkan kedua layanan ini ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan web hosting dan nama domain. Salah satunya adalah Jakartawebhosting.com, menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.