Mengenal Apa Itu Domain Name System

Mengenal Apa Itu Domain Name System

Domain name system, atau dikenalkan juga sebagai DNS, adalah jaringan web server yang rumit di seluruh dunia yang secara kolektif terdiri dari database global nama domain (domain name) dan alamat IP (IP address). Domain name system merupakan titik central dari keseluruan internet, dan bertanggung jawab langsung terhadap cara penggunaan alamat web.

Tugas dari domain name system adalah mengambil alamat web standar dan nama domain dan menerjemahkannya menjad deretan angka yang kompatibel dengan dialog komputer. Deret angka ini dikenal sebagai alamat IP, yang juga merupakan bagian inti dari cara kerja internet.

Domain Name System dan Domain

Domain name system dikelola secara hati-hati ke dalam hirarki yang terstruktur dari server yang mentransmisi data, menjaga database DNS tetap amat dan memastikan kelanjutannya.

Ketika mendaftar nama domain untuk website kamu, biasanya tempat dimana kamu membeli nama domain ini yang memegang DNS record untuk domain kamu. DNS server juga sering disebut sebagai nameserver. Domain disimpan di dalam DNS server. Mem-pointing domain dapat dengan mudah dilakukan, kamu bis mengubahnya melalui control panel di akun domain registrar kamu.

Menetapkan DNS Server

Pemilik domain memiliki hak untuk mengarahkan domain mereka ke DNS server yang mereka inginkan, dan setelah membeli paket hosting, pemilik domain biasanya akan mengarahkan domain mereka ke DNS dari web server mereka.

Mengarahkan domain caranya sangat mudah, tinggal mengetik alamat web dari DNS server ke dalam kotak yang disediakan. Alamat web dari DNS server biasanya muncul seperti NS1.webhost.com dan NS2.webhost.com. Setiap web host memiliki dua nameserver untuk redudansi, atau perlindungan dari kecelakaan yang tidak terduga, seperti server mengalami crash atau ada serangan keamanan. Meski alamat nameserver sering ditampilkan dalam huruf besar, namun tidak case sensitive.

Menemukan alamat dari web host nameserver, bisa meminta penyedia web hosting atau mencarinya melalui control panel dari akun hosting kamu.

Bagaimana Alamat IP di-Load

Untuk alamat IP dikelola oleh berbagai organisasi yang memiliki DNS server sendiri. Misalnya, semua alamat web .com dikelola oleh Network Solutions, Inc. Jadi, ketika website .com diakses dari browser kamu, website tersebut dimuat dari DNS server di Network Solution, Inc., dan data kemudia ditransfer ke komputer berdasarkan dari URL yang dilampirkan pada alamat IP. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka juga bisa saja mengetik alamat IP daripada alamat web untuk mengakses website yang sama.

Intinya, domain name system hanya database yang menerjemahkan huruf biasa menjadi angka yang bisa diurai dan digunakan oleh komputer untuk komunikasi. Database didistribusikan secara merata di antara ribuan server untuk mencegah kegagalan data, memastika bahwa setiap website tetap aktif dan dapat diakses saat memasukan alamat web di browser.

 

Bagi kamu yang ingin membangun website, tentunya membutuhkan hosting dan juga nama domain. Jakartewebhosting.com menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.