Mengapa Backup Website Sangat Penting

Mengapa Backup Website Sangat Penting

Pastinya kamu sering mendengar tips yang mengatakan bahwa melakukan backup isi hard disk kamu sangat penting. Jika terjadi apa-apa dengan komputer kamu, kamu tidak akan kehilangan data-data penting yang ada di dalam hard disk.

Sama seperti komputer, kamu juga harus mem-backup-nya. Kenapa backup website sangat penting? Kamu tidak pernah tahu ada banyak ancaman diluar sana yang bisa membuat website kamu tidak bisa berjalan. Pada post kali ini saya akan mengungkap beberapa alasan, kenapa backup website sangat penting.

1. Website di-Hacked

Saat ini hacker tidak hanya mengincar website-website besar saja, tetapi website yang biasa-biasa saja juga terancam. Hacker tidak selalu bertujuan mencuri informasi seperti data kartu kredit dan data sensitif lainya, tetapi banya juga orang yang meng-hack website karena hanya ingin pamer atau membuat masalah.

2. Kerusakan Server

Ini kejadian nyata yang saya alami di tempat kerja pertama saya. Tiba-tiba website yang saya kelola down selama berjam-jam setelah diselidiki ternyata telah terjadi kerusakan salah satu komponen server, dan tepatnya adalah hard disk. Hard-disk server yang ada di data center tiba-tiba terbakar, menurut pihak data-center terjadi pemadaman listrik yang menyebabkan sistem pendingin tidak berfungsi. Semua file website yang ada di dalam hard disk tersebut lenyap. Kabar baiknya tim IT memiliki file backup, sehingga website dapat kembali berjalan normal, meski ada beberapa konten terbaru yang hilang. Itulah kenapa backup website sangat penting.

3. Serangan Malware, Virus dan Sejenisnya

Malware, ransomware, virus dan sejenisnya juga merupakan momok yang sangat menakutkan bagi pemilik dan pengelola website. Semuanya bisa membuat website kamu tidak bisa diakses atau malah ikut menyebarkan malware tersebut. Memiliki file backup, artinya kamu sudah siap jika sewaktu-waktu website kamu mulai bertingkah yang aneh-aneh.

4. Human Error

Mungkin saja secara tidak sengaja web admin menghapus file atau konten website. File backup tentunya sangat penting untuk mengembalikan file atau konten yang terhapus.

5. Meminimalkan Kerusakan

Jika sewaktu-waktu keseluruhan file website hilang seperti yang saya alami, file backup dapat membantu meminimalkan kerusakan. Tergantung kapan terakhir kali melakukan backup, website dapat dikembalikan seperti terakhir kali melakukan backup, atau file backup yang paling baru.

Untuk melakukan backup kamu bisa membicarakannya dengan penyedia web hosting dimana kamu berlangganan. Atau jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress ada banyak plugin yang memiliki fungsi untuk melakukan backup.

 

Bagi kamu yang ingin membangun website, tentunya membutuhkan hosting dan juga nama domain. Jakartewebhosting.com menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.